Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

9.19.2014

[Catatan Pengeluaran] 350ribuan Keliling Singapore 3 hari 2 malam + banyak tempat wisata lainnya!



Patung Merlion yang menjadi primadona Singapore (GALUH PRATIWI)

Sampah. Ya itulah yang aku cari di sepanjang jalan Singapore. Semacam riset kecil-kecilan ttg kebersihan.HAMPIR TIDAK ADA SAMPAH (setidaknya di jalan yang aku lewati). Sungguh, ini adalah negara terbersih dan termudah yang pernah aku kunjungi. Total aku menghabiskan kurang dari 400 ribu untuk menjelajah Singapore selama 3 hari 2 malam (sudah termasuk semuanya: transportasi, akomodasi, makan dan masuk tempat wisata)


Rincian Dana:
Rekord pengeluaranku di Singapura kemarin ya 3 hari 2 malam, sama beberapa tips yang mungkin bisa berguna. Total 55,9 sgd.

1. Top Up kartu EZ link buat naik MRT 10 SGD. Keuntungan memakai kartu: tidak menghabiskan waktu untuk membeli tiket dulu di stasiun dan dapat diskon. Min top up ternyata 5 sgd.

2. Jajan roti pandan big saiz sama susu di 7-eleven Bandara Changi 4 SGD

3. Nginap 2 malam di Sky Orchid's mix dorm AC total 23,90 SGD.
Aku rekomendasikan banget penginapan ini karena murah (dorm cuma 12 sgd-an per malem). Tapi harus mau campur cewek-cowok, nggak masalah kok. Fasilitasnya ada hot water all the time, mesin cuci gratis, wifi kenceng, free breakfast, AC room, TV gratis, alat pijet gratis (aku sempet pijetan 20 menit lo), loker sama kunci. Nanti setiap nginep akan diminta deposit key 30 sgd (nanti dikembalikan pas check out).

4. Sarapan nasi briyani big saiz day 2 + teh tarik 5,90 sgd (waduh, nyesel nih mahaall). Kalau makan mending cari warung makan yang udah ada list harganya.

5. Beli pop mie 1,5 sgd buat makan siang. Pop mienya mahal tapi ukurannya gedhe banget rek.

6. Beli mie bungkus, 5 buah seharga 2,4 dolar. Karena di hostelku ngak ada kompor, cara bikinnya gampang. Rendam aja mie mentah di air panas (ganti air panasnya 3 sd 4 x nanti mateng sendiri)

7. Sarapan nasi lemak sama teh tarik day 3 senilai 3,90 sgd.

8. Beli tiket mrt (saldoku habis) dari stasiun mrt aljunied (dekat hostelku) sd stasiun kranji (buat naik bus sbs ke johor bahru 2,4 sgd). Cara naik bus ini gampang, kamu turun aja ngikuti petunjuk exit sampai bawah

9. Sampai bawah ada banyak orang ngantri gitu, siapin uang receh 1,9 sgd (uang pas ya). Nanti saat ditanyai mau ke check point atau terminal, pilih terminal (maksudnya terminal larkin di johor bahru). Nanti jalan sebentar, di check poin keluar singapore turun semua. nah habis check poin ini kamu naik bus sbs lagi (terserah yang mana nggak harus bus yang tadi) dengan nunjukkin tiket yang udah km beli tadi.

10. Bus dari Terminal Larkin ke Malaka 20 ringgit. Kalau mau irit, kalau dari terminal malaka sentral mau ke pusat kota malaka, ntar cari bus lokal (gampang nyarinya, tanya aj sama seseorang), naik bus nomor 17 ngomong aj turun di clock tower. biayanya 1,3 ringgit. Kalau naik taxi 20 ringgitan.

11. Bus dari Malaka ke Kuala lumpur 12 ringgit.

TOTAL SINGAPORE= 10 sgd+ 4sgd+ 23,90sgd+ 5,90sgd+ 1,5 sgd + 2,4 sgd + 3,90 sgd + 2,4 sgd + 1,9 sgd = 55,9 SGD.

TIPS: ke singapore besok bawa aja makanan ringan cepat saji kayak pop mie, mie bungkus, kopi2, energen dll. Dijamin lebih murah, buat lunch/dinner.

2 comments: