9.09.2011

Membuat Paspor di kantor imigrasi Surakarta

Paspor hijau Republik Indonesia

Halo semuanya.
Pada postingan ini, saya akan memposting pengalaman saya sewaktu membuat paspor di kantor imigrasi Surakarta. Semoga postingan ini bisa membantu teman-teman yang tinggal atau berada di Surakarta dan ingin membuat paspor.

Bagi yang belum tahu alamat kantor imigrasi Surakarta, alamatnya adalah Jalan Adi Soejipto No. 8 Colomadu Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya persis. Jika dari Indojati atau Adipura, maka tinggal jalan terus saja. Letaknya adalah sebelum pom bensin / kampus ATMI di sebelah kanan jalan.

Kantor ini memiliki jam buka yang tetap, yakni Senin-Jumat, saya agak lupa, tetapi sekitar jam 08.00 pagi sampai jam 03.00 siang. CMIIW. Jika akan apply paspor untuk pertama kali, tidak perlu datang pagi. Siang bisa, mepet pun bisa. Soalnya hari pertama ini cuma mengisi surat permohonan paspor, membeli map kuning, memasukkan dokumen-dokumen (KTP, KK, dll), pengecekan kelengkapan dokumen, pemberian janji foto dan wawancara, setelahnya pulang. Prosesnya cepat jika semua syarat terpenuhi, hanya sekitar 5 menit. Jangan lupa bawa bolpen dan tipex.


Tahap-tahap apply paspor
1. Sebelum berangkat ke kantor imigrasi, jangan lupa membawa dokumen atau syarat-syarat seperti yang tertera di situs resmi dirjen imigrasi. Untuk yang pertama kali membuat paspor, syaratnya antara lain:
a. KTP asli dan fotokopi 
Fotokopi harus posisinya atas bawah, tidak boleh bolak-balik dan agak dibesarkan sedikit biar jelas.
KTP asli harus dibawa untuk pengecekan dokumen, langsung dikembalikan sesudahnya.

b. KK asli dan fotokopi
KK asli harus dibawa untuk pengecekan dokumen, langsung dikembalikan sesudahnya.

c. Akte kelahiran / Akte pernikahan / Ijazah sekolah terakhir
Pilih salah satu aja, tidak mesti semuanya. Yang asli harus dibawa untuk pengecekan.

d. Kartu mahasiswa fotokopi
Untuk yang masih berstatus sebagai mahasiswa, biasanya akan diminta fotokopi KTMnya. Syaratnya
sama, fotokopi posisi atas dan bawah.

e. Surat Sponsor
Jika pergi ke luar negeri untuk keperluan bisnis atau undangan dari saudara atau teman. Tidak harus ada
saya dulu tidak pakai karena rencana ke luar negeri dilakukan secara mandiri.

f. Surat Ganti Nama
Bagi yang pernah mengganti namanya.

g. Materai 6000
Mending beli di tempat fotokopian atau toko, di koperasi sana harganya 7000 soalnya.

2. Ketika sudah sampai kantor imigrasi, jika tidak mau bolak balik, mending jangan masuk kantornya dulu, tapi langsung aja ke KOPERASI untuk beli map kuning. Letak koperasi ini di lorong sebelah kiri pintu masuk utama, lurus aja. Yang harus dibeli adalah map kuning ( Rp 10.000) dan surat pernyataan (Rp 500). Map kuning ini untuk tempat kita meletakkan syarat-syaratnya nanti. Sedangkan surat pernyataan digunakan waktu wawancara, biasanya kita diuruh ngisi dan tandatangan waktu sesi wawancara n ditempelin materai. Isinya ya pernyataan gitu, bahwa kita nggak akan stay di negara yang kita kunjungin kelak melebihi batas waktu visa.

3. Jika Map kuning dan Surat pernyataan sudah di tangan, masuklah ke kantor utama dan langsung aja menuju ke loket A atau Loket B untuk meminta surat permohonan pendaftaran paspor dengan petugas, nggak usah antri. Langsung minta aja, gratis, dan harus diisi lengkap sesuai dengan KTP.

4. Jika surat permohonan pendaftaran paspor sudah lengkap, masukin surat itu ke Map Kuning plus semua syarat-syarat yang udah dibawa tadi. Maju lagi ke Loket A atau Loket B untuk nyerahin Map tadi, pas itu, jangan lupa semua dokumen asli dibawa maju (KTP asli, KK asli, dll). Nanti petugasnya bakal ngecek, sama nggak dengan yang asli.

5. Jika semuanya dirasa udah lengkap dan cocok dengan yang asli, kita bakal diberi secarik kertas, yang isinya surat perjanjian foto, sidik jari, dan wawancara. Usahakan datang dengan hari dan jam yang sesuai dengan yang diberi petugas, supaya semuanya bisa lebih lancar. Biasanya selang waktunya 2 hari. Habis itu pulang deh


Tahap pembayaran, wawancara, foto, pengambilan sidik jari.
1. Setelah datang di hari x jam x sesuai perjanjian, maka langsung aja masuk kantor dan menuju loket A atau B lagi untuk melakukan konfirmasi bahwa kita ada jadwal foto dan wawancara. Setelah itu, secarik kertas tadi akan diminta dan kita disuruh menunggu sebentar.

2. Beberapa waktu kemudian, nama kita akan dipanggil oleh loket untuk pembayaran. Saya dulu kena Rp 255.000. Berdasarkan peraturan dirjen pajak terbaru, biaya pengambilan sidik jari dihapus. Jadi yang sebelumnya Rp 270.000, menjadi Rp 255.000. Jangan kuatir, berdasarkan pengalaman saya dan 2 teman saya, pegawai disini jujur dan menarifkan paspor sesuai peraturan pemerintah.

3. Selesai membayar, kita akan diberi kwitansi pembayaran dan nomor urut untuk foto dan wawancara. Tunggu aja sampai nama kita dipanggil.

4. Setelah dipanggil, hal pertama yang dilakukan adalah wawancara. Wawancara ini hanyalah wawancara ringan dan hanya ditanyai seputar kepastian data (udah nulis benar atau belum), mau kemana, sama siapa, keperluan apa, dll. Dan disitu biasanya kita akan diminta surat pernyataan yang sudah bermaterai tadi.

5. Setelah wawancara, maka selanjutnya adalah foto. Setelah foto dilanjutkan dengan pengambilan sidik jari. Yang diambil adalah kesepuluh jari tangan.

6. Setelah itu petugas yang menfoto akan mengabari kita hari apa paspor kita sudah bisa diambil. Biasanya selang 2 hari sejak foto dan wawancara ini.


Pengambilan paspor
1. Setelah datang kembali di hari x jam x sesuai perjanjian pengambilan paspor, maka kita langsung aja ke Loket A atau B dengan membawa bukti kwitansi untuk mengambil paspor. Biasanya hanya disuruh menunggu sebentar, dan setelah nama kita dipanggil dan disuruh mengecek sejenak, maka semuanya sudah beres. :)

2. Selanjutnya, tinggal traveling ke luar negeri. hehehe

Begitu mudah proses pembuatan paspor ini. Maka dari itu, ketimbang menggunakan jasa agen yang mungkin agak lebih mahal, mending mengurus sendiri. Selain menambah pengalaman, juga, dompet gak tekor. Hehe.




Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

62 komentar :

  1. ko tanggalnya sama ya waktu saya mau bikin paspor di kantor imigrasi solo:)(09 sept 2011),tapi tgl 19 sept 2011 pukul 13.00 ini saya baru mau ambil paspor :(. bedanya saya difoto dulu sebelum wawancara dan mereka tidak meminta surat pernyataan bermaterai.tp mereka minta surat rekomendasi dari sponsor karena sebelumnya saya bilang mau apply ke kapal. btw thx infonya soal materai,beli dulu ahh .. :D

    BalasHapus
  2. Wow, sungguh bermanfaat sekali, trim infonya. Kebetulan saya jg pengin cari sendiri, walau punya paspor tapi paspor dinas yang pengurusannya sudah ada yang mengurusnya.
    salam,

    Widodo, Karanganyar

    BalasHapus
  3. @Angga= sama-sama.. have a nice trip.

    @Widodo = sama-sama, senang bisa membantu

    BalasHapus
  4. Wakh.,
    info yang bagus ,,
    makasih infonya ,,

    BalasHapus
  5. @Gasa= trimakasih, senang bisa membantu =)

    BalasHapus
  6. thank buat infonya sekarng posisi saya di bali dan saya mua bikin pasport teyata biayanya libih mahal...10 kali lipat.karna saya tidak ada waktu saya pikir bisa bawa calo tapi teryata mahal sekali.so saya harus pulang kampun nichhh untuk bikin passport.:)thanks buat infonya jadi saya tidak takut lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. as yours..setahu saya membuat paspor tidak harus di kota asal ya, CMIIW
      good luck

      Hapus
  7. kalau mau ambil paspor, boleh diwakilkan enggak ya?
    kalau boleh ada syarat2 nya ga? selain kwitansi, misal surat kuasa, dsb?

    BalasHapus
  8. Boleh diwakilkan..bawa kwitansi sama surat kuasa (bermaterai).

    BalasHapus
  9. weleh....weleh .... terimakasih n matur suwun,,,, infonya sangat membantu...weleh...weleh....

    BalasHapus
  10. jadi total hanya 225rb mas?

    BalasHapus
  11. Kalau namanya tunggal gimana ya mas? Misalnya namanya hanya Sukarno saja. Matur nuwun..

    BalasHapus
  12. reffan.setyawan25 Desember 2012 10.37

    bikin perpanjang paspor apa sarat nya
    paspor lama saya bikin di jakarta mau apply baru di surakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum pernah hehe..coba dicari di mbah gugle atau ada teman lain yang sudah punya pengalaman?

      Hapus
    2. sama seperti bikin paspor baru + sertakan paspor lama

      Hapus
  13. mamiku sudah sepuh mau umroh, kalo apply apa harus datang juga ya... ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu pengambilan formulir (pendaftaran awal) sama pengambilan paspor diwakilkan gpp..tapi nanti pas sesi wawancara, foto, sama pengambilan sidik jari harus datang..thanks 4 your visit.

      Hapus
  14. kanim ska: loket 1 untuk wna, loket 2 utk wni, loket 3 dan 4 utk agen yang telah terdaftar di kantor..... agen terdaftar sama gak sih dengan calo....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya beda deh, dia kan beroperasi di dalam kantor jadi pasti resmi..Mungkin yang bekerja sama dengan travel2 agen..

      Hapus
  15. mba, kalo ngurus visanya gemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngurus visa kemana?
      Negara2 di asia tenggara (kecuali myanmar yg harus bikin e-visa dulu) tidak perlu visa untuk berkunjung..Untuk Timor Leste VOA..
      Untuk daftar selengkapnya negara2 yang nggak perlu visa atau bisa VOA (Visa On Arrival=bikin visanya di bandara kedatangan) lihat link ini http://id.wikipedia.org/wiki/Paspor_Indonesia

      t

      Hapus
    2. Tambahan lagi, mengurus visa bukan di kantor imigrasi tapi di embassy atau kedutaan masing-masing negara yang kebanyakan berada di kota2 besar, cnth jakarta atau surabaya

      Hapus
  16. waahhh..baru nemuin blog ini. Seneng banget..hehe.
    Terimakasih atas infonya.
    Kita punya mimpi yang sama. Keliling dunia!
    Cuma bedanya kamu udah sampe mana2..Aku belum kemana-mana,hehe.
    Tahun ini baru berencana ke Singapura. Semoga saja bisa tercapai. Aamiin.
    Kalo bisa kesampean, ini akan jadi kali pertama menginjakkan kaki di negeri orng. :p
    Kebetulan lagi cari2 info gimana caranya buat bikin passport. Search..langsung dapet ini.
    So, thx a lot for your information. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama..senang bisa membantu.
      Semoga mimpi kita terwujud yah. =D

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. gimana cara bikin paspor sehari jadi, bisa nggak ya!? soale mendadak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lewat jalur resmi kok susah ya..mungkin bisa lewat calo yang banyak nangkring depan imigrasi?

      Hapus
  19. Terima kasih info detailnya....^^
    tapi masih galau antara urus paspor di jogja tapi surat sponsor jadinya 3 hari, atau di surakarta tapi belum tau lokasi kantorny.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendesak atau tidak? Kalau tidak mendesak mending di Jogja aja yang udah pasti. Tapi sebenarnya alamat imigrasi solo gampang kok, di pinggir jalan raya adi sucipto. Thanks 4 visit yah..

      Hapus
  20. mau tanya dunk, kalau kita ga bisa ambil passport di tanggal yg ditentukan, bisa dilakukan besoknya ga ya? apa ada sanksinya?

    trus, untuk surat kuasa, bisa dibuat sendiri atau ada form khusus dari kantor imigrasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sepertinya bisa kok diambil besoknya, asal membawa slip pembayaran yang 255ribu itu.

      2. Untuk surat kuasa, bisa dibikin sendiri dengan menyertakan materai 6000, ada tanda tanganmu dan tanda tangan yang kamu beri kuasa. Contoh formatnya bisa dilihat di internet.

      Hapus
  21. Pada waktu apply passport apakah bukti booking tiket harus dilampirkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak, syarat2 diatas aja yang dibawa.

      Hapus
    2. Terima kasih infonya :-) kebetulan saya masih bingung juga soal ngurus passport dan visa. Ada pengalaman ngurus visa europe gak ya? saya berencana mau ke sweden cuma bingung aja soal persyaratan nilai saldo yang harus ditunjukkan ke embassy, minimal 35 juta mereka bilang. Gedhe banget nominalnya jd pastinya akan mempersulit saya untuk mengajukan visa.Ditambah lagi tempat tinggal saya nggak di jakarta jadi pasti juga akan menambah repot pengurusan visa. Kalau mbak ada pengalaman soal ngurus visa boleh dong di share. Terima kasih sebelumnya :-)

      Hapus
    3. Maaf belum pernah mengurus visa europe..hehe..gabung aja di grub facebook backpacker dunia dan bertanya2 disana..good luck semoga visanya di approve.

      Hapus
  22. saya mau bikin paspor tp udah terlanjur bikin via online. dan rencana mau diambil 2 bulan kemudian. kira2 bisa ga ya klo diambil agak lama gitu?

    BalasHapus
  23. Ditanyakan aja via email atau telepon sama imigrasi yang bersangkutan..thanks for visit..

    BalasHapus
  24. Kok beda ya? saya mah lemot banget, pertama datang jam sembilan ambil formulir aja ngantri lama amit.................. kedua kali datang lagi, karena pengalaman yang pertama antri saya datang jam setengah 8 tapi loket bukanya masih jam 8.15 menyerahkan berkas dan anehnya berkas aslipun minta untuk ditinggal (lalu fungsi petugas loket itu legalisasi apa cuman terima berkas aja ya??), tadinya tanda terima hanya tgl datang kembali (tapi maaf saya minta donk ditulis disitu berkas asli apa saja yang saya tinggal (Kalau ilang ada bukti, tinggal minta ganti aja, he... he.... he....)mudah-mudahan yang lain juga pada minta tanda terima berkas asli, dan fotonya pun tiga hari kerja berikutnya, karena datang hari ini kamis fotonya masih hari selasa, abis itu tau ntar fotonya ngantri lagee nggak terus jadinya kapan?? bener2 bolak-balik dech.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda jauh ya..mungkin waktu kamu apply imigrasi lagi ramai dan dapat petugas yang agak ribet..semoga nanti yang lain juga dimudahkan dalam ngurus paspor =)

      Hapus
  25. Saya mau bikin paspor di Solo tapi pake KTP Jakarta, bisa ngga ya?

    BalasHapus
  26. Mau tanya nih, berarti kalo mau bikin Paspor tu harus bolak balik 3x di hari yang berbeda ya? Pertama apply dulu, kedua foto n wawancara, ketiga ambil paspor...aku di Salatiga mau bikin Paspor, tapi masih bingung antara di Semarang apa di Solo ya? Kalo di Solo dari Salatiga ancer2nya gimana ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang daftarnya bisa via online..jadi kamu masukin data2 kamu dsb via online (seperti upload ktp, kk, akta, dll) nanti jadi cuma2x aja ke imigrasi buat foto sidik jari n ambil paspornya...dari salatiga ambil arah aja ke boyolali, dari boyolali ambil arah ke solo lewat jalan adi sucipto..nanti imigrasinya itu di pinggir kiri jalan (kalau dari adi sucipto), sebelum kampus ATMI.

      Hapus
  27. sekarang kan uda pake e-ktp sedangkan e-ktp ga bisa di fotocopy dua kali, gimana tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah e-ktp ku udah berkali-kali di fotokopi tuh gimana ya? kebetulan saya mau apply passport thn ini. Soal e-ktp yang gak boleh di fotokopi 2x itu sebenernya betul gak sih? jadi agak khawatir juga kalau ada masalah di KTP.

      Hapus
  28. kalo online, ada batas waktunya gak dari waktu kita ngisi data2 smpai foto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiawan aris baladewa30 Agustus 2013 22.01

      Biasanya 2-3 hari setelah daftar online kita di jadwalkan foto

      Hapus
  29. saya baru aja dari Imigrasi nih mba
    udah daftar via online , langsung ke kantor , kalau resepsionisnya sih baik ramah..
    tapi pas di petugas pengecekan dapet petugas yang rese
    saya mau ke malaysia oktober insyaAllah..
    pake ditanya kerjanya apa , ada duit ga kesana , mentang mentang saya buruh
    memangnya buruh ga boleh punya duit lebih ? ga boleh ke luar negeri ..
    trus mana minta surat sponsor lagi ..

    kalau mbak dulu , waktu bilang perjalanan mandiri itu , ngomong ke petugasnya gimana mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kebetulan tidak diminta surat sponsor, tapi juga ditanya-tanya..Mana badan saya kecil dan masih kuliah tingkat awal, ditanyain:

      "Mau kemana?"

      "Thailand."

      "Buat apa?"

      "Jalan-jalan aja pak."

      "Wah duit dari mana? pasti dari orangtua ya"

      yaelah -,- padahal itu uang tabungan sendiri..

      Cuekin aja, :p

      Hapus
  30. Terimakasih banyak infonya, ni rencana juga mau bikin paspor. semoga tambah lancar dan sukses

    BalasHapus
  31. buat perpanjang. . syarat yang digunakan apa ja gan . . proses lama gx???

    BalasHapus
  32. Ayoo mbak k thai lg
    ak jg pngen kesana tp blm bikin paspor
    ak rencana jg mau bikin paspor disolo yg secara ak tinggalnya disolo
    hehhee

    BalasHapus
  33. Mau tanya min, seandainya saja, sewaktu wawancara kita ditanya, mau kemana? lantas dijawab ke thailand...

    Ga taunya, malah dipake buat umroh... nah, ntar jadi masalah ga ya di kemudian hari?

    Maklum, masih penasaran banget sama yang namanya passport... lihat tetangga pada umroh jadi kepengen juga, tapi niat mau wisata sudah lama...

    Makasih atas informasinya yang bermanfaat....

    BalasHapus
  34. Gan klo penulisan nama di e-ktp beda ama di ijasah bermasalah gak nanti?
    Soalnya e-ktpq salah ejaane
    mnta infonya gan

    BalasHapus
  35. Alamat web online kantor imigrasi solo dimana ya mbak??makasih

    BalasHapus
  36. mau tanya mbak.. itu syarat2nya apa harus pake surat domisili juga? (buat di solo, tinggal di solo tapi ktp jakarta)..
    suami juga pengen bikin ini, tapi ktp jakarta

    BalasHapus