1.29.2011

Soal dan Pembahasan OSK Kebumian 2010 no 1-10

1. Dalam kristal, kita mengenal sumbu a,b,c dan d. Sumbu-sumbu tersebut disebut juga...
a. Sumbu kristal
b. Sumbu simetri
c. Sumbu putar
d. Sumbu pusat
e. Tidak ada jawaban yang benar


jawab:D
Sumbu pusat adalah garis – garis lurus yang melalui pusat kristal. Sumbu pusat tersebut mempunyai satuan panjang. Satuan panjang ini dapat sama dan tidak sama. Dalam kristalografi satuan panjang disebut dengan parameter. Sumbu a,b,c, dan d adalah sumbu-sumbu yang melalui pusat kristal dan mempunyai panjang tertentu yang bisa berbeda-beda antara sistem kristal yang satu dengan yang lain.


2. Yang bukan merupakan salah satu dari sifat kristal adalah...
a. Selalu dibatasi oleh bidang-bidang datar
b. Benda padat yang homogen
c. Tersusun oleh atom-atom maupun molekul-molekul yang teratur

d. Selalu memiliki sumbu dan pusat simetri
e. Merupakan suatu polyeder


jawab: D
Pengertian kristal secara umum adalah bangun polyeder (bidang banyak) yang mempunyai susunan dalam atom yang teratur, dimana keteraturannya itu dicerminkan oleh bidang-bidang kristalnya yang datar dan teratur. Jadi pilihan A benar, pilihan B juga benar karena kristal itu pasti selalu padat, pilihan C benar, pilihan E juga benar. Tetapi pilihan D salah karena tidak semua kristal mempunyai pusat simetri. Seperti contoh mineral dengan sistem kristal triklin dan monoklin, meskipun mempunyai pusat kristal, mereka tidak mempunyai pusat simetri.


Perlu diperhatikan bahwa semua kristal pasti akan mempunyai pusat kristal tetapi belum tentu mempunyai pusat simetri. Pusat simetri pasti merupakan pusat kristal.Sedangakan pusat kristal belum tentu merupakan pusat simetri.


3. Sistem kristal terdiri dari..
a. Isometrik, Tetragonal, Heksagonal, Trigonal, Monoklin, Triklin, Orthorombik
b. Kubus, Balok, Kerucut, Prismatik, Tabung
c. Isometrik, Tetragonal, Heksagonal, Monoklin, Triklin, Orthorombik
d. Isometrik, Tetragonal, Trigonal, Monoklin, Triklin, Orthorombik
e. Isometrik, Tetragonal, Heksagonal, Trigonal, Monorombik, Triklin, Orthorombik


jawab: A
Sistem kristal jumlahnya ada 7. Ada:
1. isometrik / kubik (3 sumbu kristal, sama panjang, saling tegak lurus antar ketiga sumbunya)
2. tetragonal (3 sumbu kristal; sumbu a dan b sama panjang, sumbu c dapat lebih panjang atau lebih pendek; saling tegak lurus antar ketiga sumbunya)
3. orthorombik / rombis ( 3 sumbu kristal; ketiga sumbu tidak sama panjang; saling tegak lurus antar ketiga sumbunya)
4. Heksagonal (4 sumbu kristal; sumbu a b dan d sama panjang, sumbu c dapat lebih panjang atau lebih pendek; sumbu a b dan d terletak pada bidang horisontal dan saling membentuk sudut 120 derajat; sumbu a b dan d tegak lurus terhadap sumbu c)
5.Trigonal (4 sumbu kristal; sumbu a b dan d sama panjang, sumbu c dapat lebih panjang atau lebih pendek; sumbu a b dan d terletak pada bidang horisontal dan saling membentuk sudut 120 derajat; sumbu a b dan d tegak lurus terhadap sumbu c; perbedaanya dengan sistem heksagonal pada sistem trigonal ini sumbu c nya bernilai simetri 3)
6. Monoklin (3 sumbu kristal; ketiga sumbu tidak sama panjang; sumbu a tegak lurus sumbu b, sumbu b tegak lurus sumbu c, tetapi sumbu c tidak tegak lurus sumbu a)
7.Triklin (3 sumbu kristal; ketiga sumbu tidak sama panjang; ketiga sumbu miring semua, tidak ada yang tegak lurus)


4. Suatu mineral memiliki kilap kaca, kekerasan tujuh, tidak ada belahan, pecahan konkoidal, sifat lain translucent, maka mineral tersebut kemungkinan adalah...
a. Orthoklas
b. Plagioklas
c. Biotit
d. Kuarsa
e. Mika


jawab: D
Salah satu sifat khas kuarsa adalah tidak mempunyai belahan dan pecahan nya konkoidal. Sifat khas kuarsa yang lain adalah warna colorless (mengacu pada soal, sebenarnya warna mineral kuarsa ada banyak, tergantung pengotornya, seperti putih= milky quartz, hitam keabu-abuan=smoky quartz, ungu= amethys, pink=rose quartz, hijau=krisopras, kuning=citrine, dll), cerat putih, kilap kaca, belahan tidak ada, pecahan konkoidal, kemagnetan diamagnetik, bentuk kristalin, struktur granular, ketembusan cahaya transparent sampai translucent.


Pada soal di atas orthoklas mempunyai belahan 2 arah, plagioklas 2 arah, biotit belahan 1 arah dan warnanya coklat, mika belahan 1 arah dan warna putih.


5. Batuan vulkanik di Indonesia didominasi oleh batuan yang berkomposisi...
a. Asam
b. Intermediet
c. Basa
d. Ultrabasa
e. Shoshonitik


jawab: B
Kebanyakan gunung berapi di Indonesia adalah hasil dari kegiatan penunjaman lempeng samudra India-Australia dan Lempeng Pasifik ke Lempeng Eurasia. Karena berasal dari penunjaman lempeng samudra (mempunyai komposisi batuan basa) ke lempeng benua (mempunyai komposisi batuan asam), maka pada saat menunjam sampai kedalaman tertentu, lempeng samudra ini akan meleleh dan merangsek naik menembus kerak benua. Kerak benua yang didesak oleh magma basa yang masih sangat panas akan ikut mencair dan kedua jenis magma itu akan bercampur menghasilkan magma baru berjenis intermediet. Magma ini jika erupsi ke permukaan bumi dan membeku akan menjadi batuan beku intermediet. Ex: andesit (vulkanik) dan diorit (plutonik). Maka dari itu jika kita berada di sekitar kaki gunung atau lereng gunung yang aktif akan banyak menjumpai batuan andesit.


6. Batuan beku vulkanik Fragmental yang dicirikan oleh sortasi butir yang buruk, ketebalan yang bervariasi tergantung topografi, dan kadang dijumpai struktur welded adalah...
a. Ignimbrit
b. Lava
c. Lahar
d. Piroklastik jatuhan
e. Breksi Vulkanik


jawab: A
Ignimbrit adalah batuan yang merupakan endapan dari aliran piroklastik, ataupun dari partikel suspensi yang sangat panas, dan gas, yang mengalir cepat dari puncak gunuung api karena dikendalikan oleh massa jenisnya yang lebih besar daripada atmosfer di sekitarnya. Karena lebih dipengaruji oleh pengaruh gravitasi, maka sortasi atau pemilahan antar butirannya akan menjadi buruk karena terdiri dari berbagai macam percampuran material vulkanik. Ada abu vulkanik, batu apung, lapili, dan beberapa fragmen lainnya. Bisanya semakin dekat dengan sumber, ignimbrit akan banyak terdapat endapan block maupun bomb. Ignimbrit bisa terlithifikasi maupun tidak. Pada saat terendapkan, ignimbrit biasanya masih akan sangat panas sehingga batu apung san abu vulkanik biasanya masih plastis dan maleabel.

struktur welded adalah kenampakan seperti antar piroklastik saling terelaskan satu sama lain. Hal ini disebabkan pada saat endapan tebal ignimbrit tersebut masih sangat panas, material-materialnya otomatis akan masih plastis dan belum kuat, sehingga seringkali akan runtuh karena beratnya sendiri, sehingga fragmen-fragmen yang masih plastis tadi akan bergabung bersama-sama seperti di las (welded).


Perlu diingat bahwa tidak semua ignimbrit dijumpai dengan struktur welded. Ada juga yang tidak mempunyai struktur tersebut, terutama endapan yang tidak tebal.
Image Described in Caption
ignimbrit yang tidak terelaskan dengan fragmen batu apung


Image Described in Caption
ignimbrit dengan struktur yang terelaskan, pada gambar di atas fragmen yang terelaskan adalah batu apung


7. Negara-negara berikut memiliki gunung api yang berasosiasi dengan zona subduksi kecuali...
a. Jepang
b. Philipphines
c. Iceland
d. Indonesia
e. USA


jawab: C
Pengertian zona subduksi adalah zona penunjaman lempeng samudra ke bawah lempeng benua.Gunung berapi yang ditemukan di Islandia adalah gunung berapi yang dihasilkan oleh pemekaran kedua kerak benua (rifting) karena adanya pemekaran kerak samudra di bawahnya. Dan juga Islandia adalah satu-satunya daratan yang dilalui oleh Mid Oceanic Ridge di datarannya.




8. Letusan gunung api yang dicirikan oleh aliran piroklastik (pyroclastic flow) akibat peristiwa guguran kubah lava disebut sebagai letusan tipe...
a. Hawaiian
b. Strombolian
c. Plinian
d. Peleean
e. Vulcanian


jawab: D
Letusan tipe Pelee terjadi ketika terdapat penyumbatan kawah di puncak gunung api. Apabila magma merangsek naik, otomatis tekanan gas akan bertambah besar sehingga apabila penyumbatan kawah tidak kuat, gunung tersebut akan meletus.


Tipe letusan gunung berapi ini hampir sama dengan tipe Merapi, yaitu terjadi penyumbatan kawah karena lava yang padat atau sangat kental. Akhirnya terjadi letusan-letusan kecil beruntun, lalu kemudian mengeluarkan lava yang berpijar seperti air mancur karena kawah masih tersumbat.


9. Gunung api aktif di Indonesia terdapat di pulau-pulau berikut, kecuali:
a. Sumatra
b. Bali
c. Kalimantan
d. Jawa
e. Sumbawa


Jawab: C

Sudah jelas bahwa Kalimantan adalah pulau di Indonesia yang relatif paling aman dari ancaman letusan gunung api karena letaknya yang berada di atas lempeng benua Eurasia tidak berbatasan dengan lempeng samudra manapun.


10. Bagian mantel bumi terutama tersusun oleh batuan beku dengan komposisi...
a. Anorthosite
b. Pyroxenite
c. Granite
d. Gabbro
e. Peridotite


jawab: E
Berdasar penelitian yang dilakukan, komposisi magma mantel bumi adalah magma ultrabasa. Maka jawaban yang paling mungkin adalah peridotit.



Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

5 komentar :

  1. no 1 di koreksi lagi sumbu keristal ada 3 aja (a, b, dan c atau alfa, beta dan gamma atau x, y z trimakasih, n maaf. klo menurut saya jawaban y E. nikkon_bhastari@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. trimakasih, sebenarnya saya juga agak rancu.besok coba saya tanyakan ke dosen saya untuk penjelasan lebih lanjut.trimakasih.

    BalasHapus
  3. kok soalnya cuma sikit..
    yang byk dunkz utk pelatihan

    BalasHapus
  4. Tolong bahas soal-soalnya hingga tuntas. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Maaf saya lagi sibuk banged kuliah jadi baru sempet respon dan belum sempat posting jawaban selanjutnya..jika ada tanya, hubungi saja fb di galuh_geologz@ymail.com..nanti sy bantu atau jika soalnya sulit takdiskusiin sama teman-temanku.thx

    BalasHapus