1.27.2011

Old Faithful Geyser di Yellowstone Erupsi 90 Menit Sekali, Kok Bisa? Ayo Lihat Alasannya.

GEYSER

Bagi yang masih asing dengan istilah GEYSER, disini saya akan menjelaskannya.
Geyser adalah sebuah lubang di permukaan bumi yang di waktu-waktu tertentu secara berkala menyemburkan berkolom-kolom air panas dan uap. Meskipun Geyser kecil sudah merupakan fenomena yang menakjubkan, namun ada juga beberapa Geyser mempunyai erupsi yang mengeluarkan ribuan galon air panas sampai beratus-ratus meter dari permukaan tanah. Kedalaman muka air tanah yang menghasilkan geyser ini bisa mencapai 2000 m (6000 ft).

Old Faithful adalah geyser yang paling terkenal. Geyser ini terletak di Taman Nasional Yellowstone (USA) . Old Faithful erupsi setiap 60 sampai 90 menit sekali dan mengeluarkan beribu-ribu galon air panas mendidih sampai ketinggian 100-200 kaki di udara.

                             Old Faithful sewaktu sedang menyemburkan kolom air panas

Bagaimana Old faithful ini bisa terbentuk dan erupsi setiap 60 - 90 menit sekali?
a. Pada awalnya reservoar air tanah yang ada di tubuh batuan terisi oleh air meteorik secara perlahan.

 b. Batuan panas (pembentukan geyser pasti terkait dengan magmatisme) yang berada di bawah reservoar akan memanasi air tersebut di bawah tekanan yang tinggi.
 c. Saat air sudah sepenuhnya terpanaskan oleh batuan panas yang ada di bawahnya, maka tekanan pada reservoar tersebut akan menjadi tinggi karena terdapat banyak kandungan volatil. Selanjutnya, karena tekanan terus bertambah, maka akan terbentuk rekahan di atasnya. Melalui rekahan inilah terjadi pelepasan tekanan (dari tinggi ke rendah), sehingga ribuan galon air panas akan terlontar ke udara.



 Waktu yang dibutuhkan oleh batuan panas untuk memanaskan reservoar sehingga membentuk tekanan yang cukup besar untuk erupsi ini sekitar 90 menit. Maka dari itulah Old Faithful Geyser di Yellowstone mengalami erupsi sekitar 90 menit sekali.

Lalu apa saja kondisi yang dibutuhkan untuk pembentukan geyser?
Geyser sebenarnya adalah fenomena yang jarang dijumpai. Mereka terjadi hanya ketika ada kondisi yang tidak biasa. Di seluruh dunia ini hanya ditemukan 1000 geyser dan kebanyakan dari mereka terletak di Taman Nasional Yellowstone (USA)

Syarat-syarat pembentukan geyser:
1. Ada batuan panas di bawahnya
2. Sumber air tanah yang banyak
3. Ada reservoir air bawah tanah
4. Ada celah atau retakan yang merupakan tempat air naik sampai ke permukaan

Dimana kita bisa menemukan Geyser?
Kebanyakan dari geyser di bumi terbentuk hanya di 5 negara : 1. Amerika Serikat 2. Rusia 3. Cili 4. Selandia Baru 5. Islandia. Semua lokasi yang saya sebutkan di atas ternyata adalah daerah vulkanik dan ada sumber batuan yang panas di bawahnya.

Geysers in the United States
Umnak Island, Alaska
Kanaga Island, Alaska
Lassen Volcanic National Park, California
Long Valley Caldera, California
Hot Creek and Little Hot Creek, California
Morgan Springs, California
Salton Sea, California (extinct)
Beowawe Geyser Field, Nevada (extinct)
Black Rock Desert, Nevada
Great Boiling Springs, Nevada
Steamboat Springs, Nevada (extinct)
Mickey Hot Springs, Oregon




Countries With Many Active Geysers
1) United States - Yellowstone National Park
2) Russia - Dolina Geiserov
3) Chile - El Tatio
4) New Zealand - Taupo Volcanic Zone
5) Iceland - Many locations

Sedangkan yang dimaksud Gletser adalah suatu bongkahan es besar, yang merupakan endapan salju yang membatu selama kurun waktu yang lama.Sama seperti batuan, seiring berjalannya waktu gletser ini juga akan mengalami erosi. Endapan hasil erosi gletser dinamakan morena.

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar